Sekilas mengenali Sejarah Indonesia

Epik Nesia, Wonderful Indonesia

Sekilas mengenali Sejarah Indonesia

Menurut catatan histori China mengatakan bahwasanya perdagangan pada India serta pulau-pulau ini telah didiami dari era pertama Masehi. Kerajaan maritim yang berkuasa, Sriwijaya yang ada di seputar Pelembang di Selatan Sumatera, adalah pusat pendidikan agama Buddha. Kerajaan ini memegang kekuasaan atas laut Sumatera serta Selat Malaka dari era ke 7 hingga 13. Pada era ke8 sampai ke-9, Dinasti Syailendra dari Kerajaan Mataram di Jawa Tengah bangun Candi Borobudur yang megah bercorak Buddha, lalu diikuti oleh pembangunan Candi Prambanan yang menawan bercorak Hindu di bangun Raja Rakai Pikatan dari keturunan Sanjaya. 

Budaya Indonesia

Dari tahun 1294 Kerajaan Majapahit di Pulau Jawa kuasai kepulauan Nusantara. Selanjutnya Islam berkembang ke disini lewat jalur perdagangan India serta lalu membuatnya sampai waktu ini untuk agama sebagian besar masyarakat Indonesia. Agama Buddha, Hindu serta Islam berkembang di Nusantara hingga merubah budaya serta langkah hidup orang-orangnya sampai waktu ini. 

Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang menginjakan kaki di Sumatera. Lalu, dalam pencarian pulau penghasil rempah-rempah. Bangsa Portugis serta Spanyol pernah kuasai kepulauan yang kaya rempah-rempah ini sampai pada akhirnya th. 1596 kapal Belanda pertama berlabuh di pinggir laut Jawa Barat serta perlahan-lahan namun pasti menancapkan hegemoninya. Kian lebih 3 era lalu, Belanda dengan cara bertahap menjajah kepulauan ini sampai berdirilah Pemerintahan Hindia Belanda. Pemberontakan melawan penjajah selekasnya berlangsung di semua negeri. Pemuda Indonesia, dengan Sumpah Pemuda th. 1928 mengumandangakan persatuan, " Satu Negara, Satu Bangsa serta Satu Bhs : Indonesia ". 

Pada akhirnya, tanggal 17 Agustus 1945, sesudah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, rakyat Indonesia menyebutkan kemerdekaan mereka lewat proklamasi yang diwakili Soekarno serta Hatta. Kebebasan, tak gampang diberikan. Sesudah pertempuran berdarah sepanjang bertahun-tahun melawan tentara Belanda pada akhirnya dengan cara resmi mengaku Kemerdekaan Indonesia th. 1949.

Baca juga : Sekilas Indonesia



02:01:00

0 komentar:

Post a Comment