Flora dan Fauna Indonesia

Epik Nesia_Orangutan


Indonesia memiliki beragam kekayaan spesies hewan darat dan laut. Hal itu dipengaruhi oleh tanahnya yang subur dari lava gunung berapi dan kandungan mineral yang terdapat di tanah dan di laut apalagi iklim sedang di Indonesia berlangsung sepanjang tahun.

Flora dan fauna Indonesia dibagi berdasarkan garis imajiner yang bernama Garis Wallace. Garis ini terbentang antara Bali dan Lombok, berlanjut ke utara antara Kalimantan dan Sulawesi. Di bagian barat Garis Wallace, flora dan fauna-nya berasal dari Asia, sedangkan di bagian timur garis, berkumpul flora dan fauna serupa dengan yang ada di Australia.

Keberagaman tumbuhan di negara kepulauan dipengaruhi curah hujan dan ketinggian tanah. Di pulau yang curah hujannya tinggi seperti Sumatra, Kalimantan, dan Papua maka hutan hujan menutupi sebagian besar wilayah yang luas tersebut. Hutan-hutan ini kaya akan kayu yang berharga, pohon-pohon beraroma, rempah-rempah, juga buah-buahan tropis yang eksotis. Di negeri ini Anda dapat menemukan bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu sebagai salah satu bunga raksasa yang unik di dunia. 

Epik Nesia_Komodo

Orangutan Satwa Indonesia sangat beragam, mulai dari rusa Jawa (atau kancil), badak bercula satu hingga orangutan di Sumatra dan Kalimantan, anoa di Sulawesi, komodo di NTT serta burung cenderawasih yang elok dan ceria di Papua.

Untuk melestarikan flora dan fauna yang unik ini, pemerintah Indonesia telah membuat 44 taman nasional tersebar di seluruh Nusantara, baik itu di darat maupun di laut. Banyak cagar alam menawarkan paket ekowisata atau taman botanical hingga kebun binatang.

Baca juga : Pantai Rambak Pesona Pantai dikelilingi pohon dan bebatuan Alami



19:12:00

0 komentar:

Post a Comment